MASALAH SOSIAL
MAKALAH ILMU SOSIAL
DASAR
PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP MASYARAKAT
PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP MASYARAKAT
DAMARIO AUFA NURHARIADI
51417415
1IA18
UNIVERSITAS GUNDARMA
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami
panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat serta izinnya kami telah menyelesaikan
makalah ilmu sosial dasar yang kedua berjudul “Pengaruh Kemajuan Teknologi
Terhadap Masyarakat”.
Dalam proses
penyusunan materi Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap
Masyarakat, penulis menyatakan rasa terima kasihnya kepada Ibu Ratna
Komala selaku dosen mata kuliah “Ilmu Sosial Dasar” serta teman-teman sekelas
1IC03 jurusan Teknik Mesin di Universitas Gunadarma yang telah banyak
memberikan semangat serta masukannya dalam penyusunan makalah ini.
Demikian makalah ini
saya buat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran soft skill yang
kedua dan untuk menambah wawasan penulis serta pembaca sekalian.
Jakarta, 3 November 2017
Hormat kami,
(Penulis)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari
kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia
kini telah dapat langsung diketahui berkat kemajuan teknologi. Kemajuan
teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat
manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga
memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada
di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti
Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat disaksikan begitu besar pengaruh
kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat, baik
masyarakat perkotaan maupun pedesaan.
Kemajuan
teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet
bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh
masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif
maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Perlahan-lahan
mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat
pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
B. Perumusan Masalah
Berdasar uraian Latar Belakang, maka timbul Perumusan Masalah
sebagai berikut:
1. Apa
saja pengaruh dari perkembangan teknologi informasi terhadap masyarakat?
C. Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan Penulisan makalah ini adalah
1. Untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi informasi
terhadap masyarakat.
D. Manfaat Penulisan Makalah
Manfaat dari penulisan Makalah ini
antara lain :
1. Manfaat
Teoretis
Memberikan informasi tentang berbagai pengaruh teknologi informasi
terhadap masyarakat khususnya pada segi sosiologis.
2. Manfaat Praktis
a. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang proses perkembangan
teknologi informasi yang sedang berlangsung dalam masyarakat.
b. Memberikan wawasan kepada masyarakat tentang berbagai pola perilaku
sosial masyarakat terhadap adanya teknologi informasi.
c. Memberikan kajian kepada masyarakat berbagai dampak yang dapat timbul
dari perkembangan teknologi informasi.
BAB II
ISI
A . Pengertian
1.Pengertian Teknologi
Kata teknologi secara
harfiah berasal dari bahasa latin’’texere’’yang berarti menyusun atau
membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada
penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu
rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi
ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hal yang
diinginkan. Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan
metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap
kegiatan manusia.
Menurut Iskandar
Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu
karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih
sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun
istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “
atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi
dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri
menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia
dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat
atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia
Pengertian yang lain,
telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientific
and other knowledge to practical task by ordered systems. that involve people
and organizations, living things and machines". Dari definisi ini
nampak, bahwa teknologi tetap terkait pada pihak-pihak yang terlibat dalain
perencanaannya, karena itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas
budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
Definisi teknologi
yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set
of means" created by people to facilitate human endeavor". Dari
definisi tersebut, ada beberapa esiensi yang terkandung yaitu :
· Teknologi
terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan
teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umat manusia.
· Teknologi
merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
· Teknologi
merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehingga teknologi dapat
dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudtit pandang analisis
· Teknologi
bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar
manusia). Sehingga teknologi harus mampu meningkatkan performansi (kinerja)
kemampuan manusia.
Dari definisi di atas,
ada 3 entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, skill(Keterampilan), Algorithnia (Logika
berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).
Teknologi adalah suatu
tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat
diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian
untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang
tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan
berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk
memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan,
serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang
teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh
inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun
demikian, walaupun pada awalnya diciptakanuntuk menghasilkan manfaat positif,
di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
2 . Pengertian informasi
Informasi merupakan
data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan
pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi
pemakainya. Bentuk informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil
pengolahan sebuah database yang akan digunakan untuk proses pengambilan
keputusan pada manajemen akan membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data
merupakan fakta atau nilai (value) yang tercatat atau
mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan suatu sumber yang
sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan tersedianya data yang
melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang
sangat penting dalam pengembangan system informasi manajemen. Pengertian
Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi data, data dan system.
3.Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi
adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini
komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima
yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara
Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu
menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan
computer dari waktu kewaktu.
Secara mudahnya teknologi informasi
adalah hasil rekayasa manusia terhadap prosesimasi dari bagian pengirim ke
penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
· Lebih
cepat
· Lebih
luas sebarannya, dan
· Lebih
lama penyimpanannya.
Pada awal sejarah, manusia bertukar
informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan
seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa
yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya
pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah
ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan
dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga
terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang
disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian
informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa
lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain.
Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar
peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang
dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi
yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu
peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti
MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam
penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman
informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
Teknologi informasi
adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini
komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima
yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara
Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu menyelesaikan
berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari
waktu kewaktu
4. Pengertian Masyarakat
Masyarakat bisa diartikan sebagai
pergaulan hidup manusia sehimpun orang yang hidup bersama dalam sesuatu tempat
dengan ikatan aturan tertentu, juga berarti orang, khalayak ramai. Menurut
Hasan Sadily memberi pengertian bahwa masyarakat ialah “Kesatuan yang selalu
berubah, yang hidup karena proses masyarakat yang menyebabkan terjadi proses
perubahan itu”.
Sedangkan menurut Plato masyarakat ialah
“merupakan refleksi dari manusia perorangan”. Suatu masyarakat akan mengalami
keguncangan sebagaimana halnya manusia perorangan yang terganggu keseimbangan
jiwanya yang terdiri dari tiga unsur yaitu nafsu, semangat dan intelegensia.
Dalam konsep An-Nas bahwa masyarakat
adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri dengan mengabaikan
keterlibatannya dengan kepentingan pergaulan antara sesamanya dalam kehidupan
bermasyarakat. Dalam hubungan manusia dengan masyarakat terjadi interaksi aktif.
Manusia dapat mengintervensi dengan masyarakat lingkungannya dan sebaliknya
masyarakat pun dapat memberi pada manusia sebagai warganya. Oleh karena itu,
dalam pandangan Islam, masyarakat memiliki karakteristik tertentu.
Prinsip-prinsip ini harus dijadikan dasar
pertimbangan dalam penyusunan sistem pendidikan Islam. Masyarakat merupakan
lapangan pergaulan antara sesama manusia. pada kenyataannya masyarakat juga
dinilai ikut memberi pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan dan perilaku
manusia yang menjadi anggota masyarakat tersebut. Atas dasar pertimbangan ini,
maka pemikiran tentang masyarakat mengacu pada penilaian bahwa:
1. Masyarakat
merupakan kumpulan individu yang terikat oleh kesatuan dari berbagai aspek
seperti latar belakang budaya, agama, tradisi kawasan lingkungan dan lain-lain.
2. Masyarakat
terbentuk dalam keragaman adalah sebagai ketentuan dari Allah, agar dalam
kehidupan terjadi dinamika kehidupan sosial, dalam interaksi antar sesama
manusia yang menjadi warganya.
3. Setiap
masyarakat memiliki identitas sendiri yang secara prinsip berbeda satu sama
lain.
4. Masyarakat
merupakan lingkungan yang dapat memberi pengaruh pada pengembangan potensi
individu.
Dari beberapa penjelasan yang telah
dijelaskan di atas, dapatlah diberi kesimpulan bahwa pengertian masyarakat yang
penulis maksudkan ialah sekelompok manusia yang terdiri di dalamnya ada
keluarga, masyarakat dan adat kebiasaan yang terikat dalam satu kesatuan aturan
tertentu.
B. Macam-macam Teknologi Informasi Era Modern
1. Mesin
Cetak
Mesin Cetak pertama dibuat oleh
Johann Guttenberg.
2. Analytical
Machine
Diciptakan oleh Charles Babbage . Mesin
ini memiliki kemampuan untuk memasukkan data, mengolah data, serta mengeluarkan
bentuk outputnya dibuat kartu.
3. Telegraf
dan Kode Morse
Diciptakan pada 1873
oleh Samuel Morse bersama kedua kawannya.
4. Film
Diciptakan pada tahun 1861 sebagai alat
komunikasi untuk mengungkapkan gagasan yang ada atau menyampaikan pesan kepada
orang banyak.
5. Pesawat
Telepon dan Fotografi
Diciptakan pada 1877 oleh Alexander
Graham Bell yang dikembangkan untuk dipergunakan secara umum.
6. Pita
penyimpan magnetis
Ditemukan pada 1899.
7. TV
Tabung
Diciptakan oleh Zvorkyn pada 1923.
8. Media
penyimpan magnetic tape
Diciptakan pada 1940.
9. Hypertext
Hypertext adalah system pengkodean yang dikembangkan oleh Vannevar Bush.
10. Komputer
Digital
Diciptakan pada 1948 dengan nama ENIAC I yang terinspirasi oleh
ditemukannyaanalytical
machine.
11. Transistor
Dikembangkan pada 1948 untuk mengganti tabung vakum agar bentuknya
menjadi
lebih kecil, lebih hemat energi, dan tidak menimbulkan panas berlebih.
12. Transistor
Planar
Pada 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor planar oleh Jean
Hoerni.
13. Jaringan
computer Desentralisasi
Pengembangan system jaringan desentralisasi oleh RAND yang bertujuan
mengendalikan system pengeboman dan peluncuran kendali dalam perang
nuklir.
14. Jaringan
computer pertama
Pada 1969, ditemukan system jaringan computer pertama di Amerika Serikat yang
dibentuk dengan menghubungkan empat titik, yaitu Universitas
of California, SRI (Stanford), University of Utah, dan
University California of Santa Barbara, dengan kekuatan sebesar 50 kbps.
15. Email
Ditemukannya program surat secara elektronik berupa pesan text atau emaildi
awal kemunculannya. Ray Tomlinson
menciptakannya pada 1972.
16. Internet
Istilah Internet
diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP(Transmission Control
Protocol/Internet Protocol). Setelah itu, dikembangkan sebuah protokol
jaringan dengan nama sama oleh grup DARPA. Pada 1981, dikembangkan CSNET dengan
kapasitas 56 kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Pada 1986, IERF
mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan
koordinasi antara DARPA, ARPANET, DDN dan internet gateway.
C. Dampak Teknologi Informasi
1. Dampak Positif
Dampak Positif dari
munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan
sengan semakin mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang
lain melalui fasilitas e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan
melalui internet.
3. Munculnya berbagai jenis jejearing
sosial dari adanya teknologi informasi.
4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari
informasi tentang suatu hal melalui internet.
5. Kita juga dimungkinkan untuk
berbelanja melaui internet.
6. Seiring dengan berkembangnya
teknologi informasi bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita
sendiri, yaitu melalui handphone.
7. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
8. Media pertukaran data, para pengguna
internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan
murah.
9. Kemudahan memperoleh informasi yang
ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
10. Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
11. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
2. Dampak negatif
Dampak Negatif dari
munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
2. Munculnya budaya plagiarisme.
3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi
informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut
'copast' copy paste.
4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.
5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.
6. Mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si pencuri
namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan.
7. Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat
meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek
tidak baik untuk kantong.
8. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka
berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
9. Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan
pada interaksi.
Dari pengamatan
penulis, tahapan pemanfaatan teknologi informasi dimulai pada saat
teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya
dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin
ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang cenderung tidak
efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan
di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih effisien dalam
waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan
bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan carakonventional, orang mulai
melihat kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat
dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search
engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana
pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat
komputer. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai
digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis.
Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan
menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu
dan ruang.
Teknologi informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret
ukur. Dari tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari
ke jam, dan dari jam ke detik. Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat
pada suatu argumen, bahwa informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus
kehilangan kehumanisannya.
Manusia tidak bisa lepas dari pendidikan yang sebenarnya juga merupakan
kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan
teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.
Pengaruh dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan
khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan
berkembangnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran
dalam proses pembelajaran, yaitu:
1. Pergeseran dari pelatihan ke penampilan.
2. Pergeseran dari ruang kelasmenjadi dimana saja dan kapan saja.
3. Pergeseran dari fasilitas kertas menjadi ‘on line’.
4. Pergeseran dari fasilitas fisik menjadi fasilitas jaringan kerja.
5. Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.
Sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan menggunakan
media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb.
Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap
muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini guru dapat memberikan
layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat
memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber
space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang
paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching”
atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan
internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu
satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan
informasi khususnya internet.
E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian
pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu :
1. E-learning merupakan jaringan dengan
kemampuanuntuk memperbarui, menyimpan,
mendistribusi dan membagi
materi ajar atau informasi.
2. Pengiriman sampai ke pengguna terakhir menggunakan komputer
dengan teknologi
internet yang standar.
3. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di
balik paradigma pembelajaran tradisional.
(Rosenberg 2001;28)
Pada saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran
yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer
Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic
Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated
Learning Syatem), LCC(Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based
Training), dsb.
Perkembangan Pendidkan di Era Globalisasi.Kerjasama yang letaknya berjauhan
secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah antar pakar dan juga dengan
mahasiswa. Padahal dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh
menempuh ruang dan waktu untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah
masalah. Saat ini hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email.
Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui
Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring dan mailing
list. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sulawesi dapat berdiskusi
masalah teknologi komputer dengan seorang pakar di universitas terkemuka di
pulau Jawa. Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen
yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi
masalah lagi.
Di dalam bidang penelitian juga diperlukan Sharing information agar
penelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil penelitian
di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama
sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi.
Sebuah aplikasi baru bagi Internet yaitu Virtual university. Virtual
university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan
pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan
dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas?
Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40 – 50 orang. Virtual university
dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja. Penyedia layanan Virtual
University ini adalah www.ibuteledukasi.com . Mungkin sekarang ini Virtual
University layanannya belum efektif karena teknologi yang masih minim. Namun
diharapkan di masa depan Virtual University ini dapat menggunakan teknologi
yang lebih handal semisal Video Streaming yang dimasa mendatang akan dihadirkan
oleh ISP lokal, sehingga tercipta suatu sistem belajar mengajar yang efektif
yang diimpi-impikan oleh setiap ahli IT di dunia Pendidikan. Virtual School juga
diharapkan untuk hadir pada jangka waktu satu dasawarsa ke depan.
Manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang
kuat untuk menjadikan Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan di
Indonesia.
B. Penggunaan Komputer di Kehidupan Masyarakat :
1. Bidang Perbankan
Didalam Bank, komputer
digunakan sebagai Sistem Uang Elektronik(menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit
Card, dan lain lain) untuk menyimpandata, memproses transaksi dan pembayaran
tagihan secara on-line.
2. Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu untuk memproses
data dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk
menyimpan data transaksi, inventaris persediaan (stock)
barang, pembuatan laporan keuangan, faktur, surat- surat, dokumen dan lain-lain.
Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara elektronik dengan
menggunakan credit card atau debit card.
3. Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam bidang
industri (CAM – Computer AidedManufacturing) untuk menghasilkan
produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani
masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk
menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui
komputer seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya
kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan
kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD –
Computer Aided Design.
4. Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu
lalu lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk
menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan
raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan
kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.
5. Bidang Rumah Sakit
Pada Rumah Sakit modern, komputer
digunakan untuk membantu doktermenjalankan tugasnya seperti mendiagnosis
penyakit, menghasilkan gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer
Axial Tomography), membantu orang cacat seperti menghasilkan alat membaca
dengan teks khusus bagi orang tuna netra. Selain itu untuk menyimpan
riwayat penyakit pasien, penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan
stock obat-obatan.
6. Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat
pembelajaran dikenal sebagai CBE(Computer Based Education). CAI (Computer
Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan
arahan dalam pelajaran. Selain itu komputer jg dapat digunakan untuk
meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal
ujian maupun latihan.
7. Bidang Seni
Synthesizer kini
popular digunakan untuk meniru bunyi alat-alat musik
tradisional seperti bunyi gitar dan piano. Komputer juga digunakan
dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada.
Grafik komputer merupakan bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga
telah digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun
dan untuk menghasilkan “special effects”.
8. Bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan (Science)
Komputer digunakan untuk penyelidikan
tenaga nuklear dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer
juga digunakan untuk penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam
sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti
mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan
meramal cuaca pada ketika itu.
9. Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai satu sumber
alat rekreasi untuk orang ramai yaitu permainan komputer baik secara online maupun offline. Komputer
juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang
canggih seperti roller coasterdan lain-lain.
10 Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer juga dicipta untuk tujuan
perperangan dalam sistem senjata,pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan
kapal terbang yang moderndipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk
membantu dalammelakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer juga
digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk
mengurangkan biaya.
11. Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima
pesan dari komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya.
Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer
atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit.
E-mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu
bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM(Modulator/Demodulator)
diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh
dihantar melalui telepon.
C. Macam-macam Teknologi Informasi di Sekitar Kita
Di era modern ini, kita bias merasakan pesatnya perkembangan teknologi yang
cukup menakjubkan, khususnya dirasakan dalam bidang teknologi, seperti
teknologi informasi dan komunikasi. Macam-macam Teknologi Informasi pun
berkembang lebih cenggih dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.
Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang
digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, baik melalui media cetak
atau pun elektronik. Berikut ini adalah beberapa alat yang tergolong dalam
teknologi informasi:
1. Televisi
Merupakan perangkat teknologi informasi yang berupa system penyiaran
yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio).
2. Komputer
Merupakan alat elektronik otomatis yang biasanya alat ini
digunakan untuk membantu dalam mengolah data menjadi informasi dan
menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan
computer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi
3.Laptop
Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan computer. Hanya saja
pembuatannya sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah
untuk dibawa kemana pun.
4.Radio
Merupakan perangkat teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal.
Perangkat elektronik ini memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi
berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan makalah mengenai dampak kemajuan teknologi informasi
diatas, dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi informasi telah mencapai
suatu masa dimana perangkat informasi memiliki peranan yang tidak dapat
dilepaskan dalam kehidupan masyarakat yang juga dapat menimbulkan dampak-dampak
positif maupun negatif sebagai konsekuensi dari bagaimana cara kita
menggunakannya dan sikap yang kita terapkan pada teknologi informasi tersebut.
SARAN
Suatu perubahan haruslah disikapi dengan pengetahuan dan arif, begitu pula
dengan kemajuan teknologi informasi agar kemajuan tersebut dapat membatu dan
memudahkan kita dalam mendapatkan maupun bertukar informasi bukannya malah
membawa kita ke dalam hal-hal yang negatif.
DAFTAR PUSTAKA
Comments
Post a Comment