Apa itu Crypto Bounty?

 Apa itu Crypto Bounty?

Bounty dapat diartikan sebagai hadiah. Secara umum, crypto bounty adalah hadiah yang didapatkan dari sebuah proyek cryptocurrency atau blockchain, umumnya berupa token atau koin aset kripto tertentu. Token tersebut selain bisa digunakan untuk trading, juga dapat ditukar menjadi mata uang fiat.

Namun, untuk mendapatkan hadiah berupa token atau koin gratis, seseorang harus melakukan tugas tertentu terlebih dahulu. Konsepnya mirip dengan barter, yang mana perusahaan akan memberikan hadiah kepada individu dan individu tersebut harus menyelesaikan tugas yang diberikan oleh perusahaan. Bentuk tugas dan banyaknya hadiah yang akan diberikan kepada pengguna ini dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan yang dibuat oleh pihak perusahaan.

Pada dasarnya, crypto bounty adalah bagian dari strategi pemasaran untuk membantu perusahaan rintisan kripto dalam mempromosikan proyek mereka. Dengan crypto bounty, diharapkan akan ada banyak orang yang mengenal dan tertarik untuk berinvestasi dalam suatu proyek aset kripto.


Jenis Crypto Bounties

Berikut ini adalah berbagai jenis program crypto bounty yang paling umum dan perlu untuk Anda ketahui. 


Signature Campaign

Program bounty jenis ini mewajibkan peserta untuk memiliki sebuah akun di Bitcoin Talk, dengan minimal peringkat “junior”. Nantinya Anda perlu untuk memasang kode signature yang telah tersedia dan disesuaikan dengan peringkat Anda di akun tersebut. 

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam jenis kampanye yang satu ini, seperti aktif di forum dan wajib mengunggah materi konten yang telah diberikan dalam jumlah dan waktu tertentu. 

Hadiah yang akan diberikan kepada peserta, ditentukan pada tingkat keanggotaan seperti junior, senior, pahlawan, dan legendaris. 


Mengunggah Blog atau Video Campaign

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam kampanye ini, Anda harus menulis blog atau membuat video yang terkait dengan perusahaan. Untuk dapat membuat materi konten yang baik, Anda harus membaca serta memahami whitepaper milik perusahaan dan mengetahui detail proyek.

Misalnya, Protokol Helios, sebuah proyek berbasis komunitas open-source, menawarkan hadiah sebesar 10.000 H. Untuk menerima hadiah, Anda harus menulis posting blog positif tentang Protokol Helios.


Translation Campaign

Dalam bounty campaign yang satu ini, perusahaan akan memberikan hadiah atau penghargaan kepada Anda, karena telah berhasil menerjemahkan isi konten situs resmi, whitepaper, atau konten lainnya. 

Misalnya, Texochat adalah aplikasi obrolan berbasis blockchain. Pada Juli 2019, di BitcoinTalk, perusahaan mengumumkan hadiah sebesar 400 dolar AS atau setara Rp5,6 juta di TXO untuk mereka yang telah menerjemahkan whitepaper perusahaan.


Twitter dan Facebook Campaign

Seperti namanya, dengan kampanye ini, Anda harus menyelesaikan tugas terkait media sosial. Hal ini dapat mencakup apa saja mulai dari memposting dan membagikan ulang hingga menyukai konten yang terkait dengan proyek.

Perlu diingat bahwa beberapa bounty campaign akan menggunakan TwitterAudit untuk menghindari penggunaan akun palsu dan nantinya mereka dapat meminta skor audit minimum.


Bug Bounty

Jika Anda paham penggunaan teknologi dan terampil dalam menggunakannya, jenis bounty campaign ini mungkin cocok untuk Anda. Singkatnya, untuk menerima hadiah, Anda harus menemukan bug di situs web perusahaan, atau perangkat lunak/layanan beta mereka.

Baru-baru ini, The Libra Foundation, yang dikenal sebagai pembuat cryptocurrency Facebook, telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan program bug bounty. Dalam kapanya ini, mereka meminta para pengembang untuk mengirimkan bug yang akan ditemukan di blockchain-nya.Program ini mencakup hadiah yang meningkatkan pembayaran hingga 10 ribu dolar AS atau setara Rp142 juta.


Bounty Program ICO

Kebanyakan perusahaan rintisan menggunakan program bounty crypto sebagai bagian dari kampanye Initial Coin Offering (ICO). ICO sendiri adalah versi industri cryptocurrency dari initial public offering (IPO). 

Sebuah perusahaan yang ingin mengumpulkan dana yang diperuntukan untuk membuat koin, aplikasi, atau layanan mata uang virtual baru, akan meluncurkan ICO sebagai cara untuk mengumpulkan dana tersebut. Program bounty ini, nantinya akan membagikan sejumlah hadiah berupa uang tunai atau aset crypto tertentu untuk peserta yang menyelesaikan tugas dalam membantu mempromosikan proyek ICO. 


Keuntungan Program Crypto Bounty

Jika Anda jeli memanfaatkan kesempatan, akan ada keuntungan yang bisa didapatkan dari crypto bounty campaign. Bagi peserta, program ini tentu membuka peluang untuk mendapatkan sejumlah hadia seperti uang ataupun aset kripto tertentu secara gratis.

Sementara bagi perusahaan pengembang proyek, crypto bounty dapat membawa keuntungan sebagai sarana promosi yang efektif, sehingga proyeknya dapat dikenal lebih luas oleh banyak orang. Tak hanya itu, program ini pun dapat membantu menyempurnakan keamanan aset kripto yang mereka bangun.


Risiko Crypto Bounty

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apakah program crypto bounty aman? Jawabannya, tidak selalu. Ya, meski menawarkan sejumlah keuntungan, program crypto bounty juga menyimpan potensi risiko yang patut untuk diperhatikan.

Salah satu dari risiko crypto bounty tersebut adalah bounty scam. Bounty scam adalah jenis penipuan pada program ICO. Umumnya, mereka akan gagal membayar peserta yang telah dijanjikan imbalan berupa uang atau aset crypto ketika mereka berhasil melakukan tugas promosi di media sosial atau aktivitas PR (Public Relations) lainnya.


Beda Airdrop dan Crypto Bounty

Meski terkesan mirip, airdrop dan crypto bounty adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan paling ketara antara keduanya adalah jenis tugas yang harus dikerjakan dan tingkat kesulitannya.

Crypto bounty umumnya melibatkan banyak tugas yang harus diselesaikan. Beberapa contoh tugasnya antara lain mempromosikan suatu proyek di sejumlah forum atau media sosial, membuat materi kampanye proyek, melakukan pelaporan bug, hingga meningkatkan aspek dari framework suatu aset kripto. Berbagai tugas tersebut dapat dilakukan berulang kali selama periode campign proyek berlangsung.

Di sisi lain, mekanisme airdrop semacam giveaway. Peserta airdrop biasanya akan diminta untuk melakukan sejumlah tugas sederhana seperti like sosial media atau membuat review yang mempresentasikan perusahaan penyelenggara airdrop tersebut.

Tingkat kesulitan untuk tugas atau tantangan yang diberikan oleh keduanya pun berbeda. Peserta airdrop biasanya hanya menyelesaikan tugas-tugas kecil yang tidak memerlukan keahlian khusus. Pada beberapa perusahaan bahkan, hanya mendistribusikan aset crypto tanpa memerlukan persyaratan yang rumit. 

Lain hal dengan crypto bounty, di mana Anda memerlukan keterampilan khusus untuk nantinya dapat menyelesaikan tugas dengan sukses. Sering kali, dibutuhkannya waktu dan usaha yang ekstra dalam menjalankan tugas tersebut. Umumnya, tugas yang terkait dengan bounty akan lebih menantang dan kompleks. 

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Web Paragon

Konsep Pemodelan Grafis

Mengenal Airdrop dan Cara Kerjanya